Jualan Online – Ini Dia Tips Yang Wajib Anda Baca

11 Tips Jualan Online 2020 – Di zaman penggunaan internet yang semakin tinggi, berjualan tidak bisa dilakukan dengan cara konvensional saja. Para penguasaha di bidang niaga harus mau berkembang, melebarkan sayap dengan membuka toko virtual atau toko online.

Karena dengan membuka toko virtual seperti ini, jangkauan pelanggan atau pembeli tentu jadi lebih besar dibandingkan hanya membuka toko fisik saja.

Karena adanya perubahan ini, terkadang orang-orang yang baru menjalankan bisnis online tidak mengalami kesuksesan.

Kegagalan yang terjadi satu dua kali ini menjadi awal mula jatuhnya semangat berjualan dan meneruskan usaha yang baru dirintis secara daring.

Baca Juga : 6 Tips Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Nah supaya bisnis berjualan Anda lancar dan memberikan keuntungan, beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda mengembangkan bisnis berjualan Anda.

Tips Jualan Online 1 : Kenali Nilai Jual Produk 

Saat jualan online, Anda pasti akan menemukan banyak sekali barang sejenis dijual di toko-toko online lain.

Supaya barang yang Anda jual dilirik dan sampai dibeli oleh pelanggan maka tonjolkanlah nilai lebih yang dimiliki oleh produk Anda.

Anda harus mencari tahu, kelebihan apa yang ada pada produk yang Anda jual.

Tentu yang tidak ditemukan pada produk yang dijual di toko lain. Hal ini dikenal dengan USP atau unique selling point.

USP tidak melulu fokus pada produk yang dijual melainkan juga hal pendukung penjualan lainnya.

Berbeda dari kelebihan produk, poin USP pada suatu toko online biasanya hanya menitikberatkan pada satu hal saja.

Misalnya saja, ada toko online yang memberi jaminan barang sampai dalam waktu 24 jam. Atau ada sebuah gerai pizza yang memberi jaminan pengantaran akan sampai dalam 30 menit.

Tidak perlu buru-buru menentukan USP yang akan dipakai untuk menjadi salah satu cara jualan online Anda.

Kumpulkan ide-ide yang sudah ada atau minta masukan dan teman satu tim. Godok kembali ide yang sudah terkumpul.

Ingat, sesuaikan dengan target pasar yang akan dituju, tren pasar yang sedang berlangsung serta kebiasaan pelanggan yang biasa Anda temui di lapangan.

Dengan mempertimbangkan semua itu, Anda akan menemukan USP yang tepat untuk ditawarkan.

Tips Jualan Online 2 : Buat Website Toko Online

Gambar Kelebihan dan kekurangan toko online dan marketplace

Penjual online disarankan untuk memiliki website atau situs berjualan tersendiri. Meski saat ini sudah banyak sekali aplikasi untuk jualan online atau marketplace yang bisa digunakan secara gratis, pembuatan situs sendiri lebih disarankan.

Marketplace memang lebih mudah penggunaannya. Anda hanya tinggal membuat akun menggunakan media sosial atau juga nomor ponsel.

Baca Juga : 6 Daftar Situs untuk Bisnis Online Anda yang Gratis

Penggunaan marketplace bisa menjadi alternatif cara jualan online tanpa modal. Karena ketika Anda bergabung dengan sebuah marketplace di internet, tidak dikenakan biaya apapun.

Selain bebas fee pembuatan ‘tempat berjualan’, trafik pengunjung dan user marketplace sangat tinggi. Hal ini memudahkan para penjual untuk mendapatkan pembeli .

Namun hal ini juga berbanding lurus dengan tingginya tingkat persaingan dengan toko online lain.

Pembeli atau pelanggan bisa dengan mudah membandingkan satu toko dengan toko lainnya.

Anda harus menggunakan berbagai cara untuk menggaet pembeli seperti memberikan harga termurah, memberi diskon, bonus, promo, membangun reputasi dengan pemberian rating dari pelanggan dan juga tingkat pelayanan yang cepat.

Konsekuensi adanya perbandingan secara langsung, biasanya pembeli atau pelanggan akan memilih toko yang mendapat ulasan lebih bagus.

Selain itu, jualan online di marketplace yang dikenal bukanlah toko atau brand yang Anda jual melainkan marketplace atau aplikasi penjualan itu.

Supaya pembeli lebih sadar dengan brand yang Anda jual, maka lebih disarankan untuk membuat situs sendiri.

Tips Jualan Online 3 : Pelajari dan Pahami Data

Perlu diingat, bahwa jika Anda ingin sukses jualan online maka harus mau terus belajar.

Anda harus mempelajari dan memahami tren pasaran yang saat ini berkembang. Menjalankan bisnis jualan Anda tanpa mempelajari pasaran yang ada itu sama saja seperti bunuh diri.

Bukannya keuntungan, dengan langkah sembrono seperti itu, Anda justru akan mendapatkan kerugian.

Jika usaha berjualan Anda sudah besar, Anda bisa mempekerjakan orang yang khusus melakukan analisa ini.

Dengan adanya analisa data, Anda nantinya bisa menentukan produk mana yang harus dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu atau strategi promosi apa yang sebaiknya digunakan.

Saat data dijabarkan dan dipahami dengan tepat, bukan hal yang mustahil toko Anda akan menjadi toko jualan online terlaris.

Tips Jualan Online 4 : Aktif di Media Sosial

Mengapa harus aktif di media sosial? Perlu anda tahu, memiliki situs atau website jualan memang menjadi lahan utama untuk jualan online.

Akan tetapi, jangan lupakan media sosial. Media ini masih memiliki kekuatan yang besar dalam menarik para pembeli atau pelanggan baru.

Media ini menjadi salah satu lahan atau ladang untuk melakukan promosi dan juga menjaga agar toko online yang Anda kelola dikenal lebih jauh lagi.

Dengan terlibat secara aktif di media sosial, Anda bukan hanya bisa melihat seberapa besar engage antara pelanggan dengan toko Anda.

Dari media sosial ini Anda bisa belajar jualan online dengan lebih baik dengan melakukan riset audiens media sosial, meriset saingan bisnis, menggunakan fitur iklan yang disediakan.

Sebagai hasilnya, Anda bisa membuat tujuan yang lebih jelas, membuat konten yang lebih menarik minat pengunjung dan lain sebagainya.

Bava Juga : Ketahui 5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial ?

5. Gunakan Username yang Seragam

Ketika menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosi serta media untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan, ada baiknya untuk menggunakan username yang sama di seluruh media sosial yang digunakan.

Hal ini perlu dilakukan supaya pembeli atau pelanggan di luar sana bisa mudah mencari dan menemukan toko online Anda.

Jika Anda menggunakan nama yang berbeda-beda di setiap media sosial jualan online, ada kemungkinan besar pelanggan yang bermaksud mencari tahu toko Anda malah masuk ke media sosial toko lain.

Menggunakan nama yang sama saja masih sering terjadi kesalahan masuk toko lain. Apalagi jika menggunakan nama yang berbeda, kemungkinannya jauh lebih besar.

6. Gunakan Alat Optimasi

Mungkin masih banyak orang yang asing dengan istilah alat optimasi.

Alat optimasi merupakan salah satu tools yang biasa digunakan dalam marketing.

Pada toko online, ada banyak bagian yang bisa dioptimasi. Alat atau tools optimasi juga beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Optimasi itu sendiri merupakan serangkaian prosedur yang perlu dilakukan supaya situs penjualan Anda berfungsi seoptimal mungkin.

Ada beberapa bagian situs penjualan yang perlu mendapatkan optimasi yang rutin.

Paling pertama adalah bagian halaman depan atau halaman muka (landing page).

Halaman depan ini harus mampu menyediakan link serta informasi yang dibutuhkan oleh konsumen mengenai jualan online di situs Anda sehingga wajib untuk selalu dioptimalkan.

Bagian kedua yang harus dioptimalkan adalah jalur konversi situs.

Maksud dari jalur ini adalah urutan dari pertama kali pengunjung datang ke situs Anda hingga tujuan akhir yaitu, pembelian. Jalur ini bisa berbeda-beda, tergantung dari keperluan.

Selanjutnya adalah bagian pernyataan manfaat di mana pada bagian ini Anda harus menjelaskan kelebihan Anda dibandingkan dengan toko lainnya, baik secara layanan maupun juga produk.

Selanjutnya adalah konten marketing atau pemasaran. Bukan hanya kata-kata yang berupa iklan saja, pemilihan layout website, pemilihan topik, strategi peluncuran dan sebagainya, itu juga termasuk ke dalam marketing.

Dan terakhir adalah alamat email marketing yang bisa membawa keuntungan besar bagi toko online Anda. Tidak bisa dipungkiri, bagian marketing menjadi salah satu tombak penting dalam menunjang keberhasilan usaha online yang Anda jalankan.

7. Coba untuk Menggunakan Strategi Email Marketing

Walaupun bagi sebagian besar orang yang tidak berminat kehadiran email marketing terasa mengganggu, bagi penguasaha atau penjual, strategi email marketing ini sebenarnya sangat membantu dalam jualan online.

Jika media sosial biasanya menjaring pelanggan baru, maka dengan menggunakan email marketing, Anda menjaga hubungan dengan pelanggan lama.

Melalui email marketing, Anda bisa mengirimkan pemberitahuan berupa promo bulanan, keluaran produk terbaru Anda dan lain sebagainya.

Proses pembuatan email ini mudah. Hanya ada dua tahapan dalam pembuatan email marketing ini.

Pertama adalah mengatur landing page guna mengumpulkan kontak pelanggan yang ada. Kemudian membuat newsletter atau isi dari email yang akan dikirimkan kepada pelanggan.

Gunakan Layanan mailketing.co.id yang sudah banyak digunakan para pebisnis online saat ini.

8. Manfaatkan Pemasaran Word of Mouth

Apa Anda pernah bertanya-tanya kenapa produk yang sudah ternama masih membutuhkan iklan dan promosi dari orang-orang ternama?

Perlu Anda ketahui, kekuatan kata-kata dari seseorang ternyata bisa sangat mempengaruhi bisnis yang Anda jalankan. Lihat saja banyak sekali produk jualan online yang laris menggunakan jasa para influencer untuk mengiklankan produknya.

Para influencer yang sering wara-wiri di media sosial seperti Instagram atau Youtube biasanya memiliki banyak pengikut.

Dengan mempekerjakan salah satu dari mereka maka produk yang Anda jual di toko akan mudah dikenali oleh orang-orang. Setidaknya oleh para pengikut influencer tersebut.

Jangkauan audience juga tidak hanya terbatas pada para pelanggan yang sudah tahu nama toko Anda, kalangan baru pun akan mulai menyadari keberadaan toko Anda.

Selain menggunakan jasa inflencer untuk membuat semacam ulasan di media sosial, Anda juga bisa membuat kolom ulasan sendiri di situs toko jualan online Anda.

Semakin banyak ulasan, semakin mudah calon pembeli menentukan kualitas barang yang Anda jual.

Percaya atau tidak, adanya ulasan dari orang yang pernah berbelanja di tempat Anda bisa meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan lain yang baru mencoba.

9. Iklankan di Media Sosial

Media sosial bukan hanya tempat untuk berinteraksi dengan para pelanggan atau pembeli saja. Anda juga bisa memasang iklan di berbagai media sosial seperti di Facebook, Instagram, Google hingga Youtube.

Untuk memasang iklan di media sosial ini, tentu saja Anda harus memahami terlebih dulu cara kerja Ads pada masing-masing media.

Jika Anda menggunakan Google Ads, sasaran konsumennya adalah mereka yang sudah mengetahui apa yang sebenarnya mereka cari.

Ini tandanya, konsumen tersebut sudah memiliki kesadaran atau awareness dan sedang dalam tahap pertimbangan atau consideration.

Dalam keadaan ini konsumen mempertimbangkan merk mana yang sebaiknya dipilih dan dari situs jualan online paling laris mana sebaiknya membelinya.

Berbeda dengan ads pada media sosial yang tahapannya dimulai dari tahapan paling dasar yaitu tahapan awareness dan berakhir pada tahap pembelian atau purchase.

Sekali pun konsumen belum tahu apa yang diinginkan, iklan akan ditampilkan. Tentu saja, iklan yang ditampilkan juga sesuai dengan segmentasinya tersendiri yang sudah Anda buat sebelumnya.

Secara garis besar, pilihan target pemasaran di sosial media bisa dikelompokkan ke dalam empat macam target konsumen.

  • Target pertama adalah interest targeting di mana sasaran konsumen adalah pengguna media sosial yang pernah menggunakan kata kunci yang sama dengan yang Anda gunakan.
  • Target konsumen kedua adalah connection/behavior targeting di mana sasaran konsumen berdasarkan kebiasaan dan intensitas belanja serta koneksi terhadap halaman situs milik Anda.
  • Jenis target ketiga di media sosial untuk jualan online Anda adalah custom targeting. Sistem ini hampir mirip dengan strategi email marketing di mana sasaran konsumen berdasarkan alamat email dan nomor telepon.
  • Target terakhir adalah lookalike targeting di mana jangkauannya adalah calon konsumen baru yang memiliki kemiripan dengan konsumen atau pelanggan lama Anda.

10. Lakukan Promo

Tips selanjutnya supaya usaha dagang online Anda semakin banyak pembeli dan memberikan keuntungan tentu saja dengan rajin melakukan promo.

Baik pelanggan baru mau pun pelanggan lama tidak akan ada yang akan menolak tawaran promo.

Apalagi jika toko online Anda masih baru atau daftar jualan online Anda merupakan barang yang dicari-cari dan sudah banyak peminatnya.

Bentuk promo yang sering digunakan oleh para penjual, baik di dunia maya maupun di dunia nyata, adalah memberikan diskon.

Selain itu, ada juga product bundling di mana jika Anda membeli beberapa produk yang sudah dibundel maka akan mendapat sedikit harga yang lebih miring. Tingkat kunjungan pembeli ke toko online Anda dijamin akan meningkat.

Akan tetapi, dalam melakukan promo ini Anda harus berhati-hati juga. Jangan sampai pembeli hanya tertarik pada saat Anda melakukan promo saja.

Hasil akhir yang Anda dapat bisa jadi bukan keuntungan melainkan kerugian. Karena biaya untuk promo, terutama di awal-awal, membutuhkan biaya yang sangat besar.

Usaha promo jualan online Anda harus bisa membuat pelanggan tetap bertahan membeli di toko Anda.

11. Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Foto Produk yang unik

Deskripsi dari produk merupakan jadi satu bagian penting ketika Anda melakukan penjualan secara online.

Karena barang tersebut tidak bisa disentuh langsung, penjual harus bisa memberikan deskripsi produk secara detail, menarik dan unik.

Deskripsi yang Anda berikan bisa memberikan gambaran kepada calon pembeli, apakah kualitas barang yang Anda tawarkan sesuai tidak dengan yang diinginkan, sesuai tidak dengan harga yang dipajang.

Untuk membuat deskripsi dari barang yang Anda jual, dibutuhkan kemampuan copywriting untuk membuat kalimat-kalimat yang persuasif.

Dengan pilihan kalimat yang tepat, ide jualan online Anda bukan hanya sekedar ide jualan yang dipajang saja.

Kalimat yang tepat bisa langsung menyentuh sisi sensitifitas pembeli untuk mau membeli dan akhirnya mengklik tombol checkout.

Anda bisa mempelajari hal ini dengan cara melihat situs-situs jualan lain.

Lihat bagaimana situs yang sudah memiliki banyak pelanggan dan pembeli dalam memberikan deskripsi produknya.

Sebagai penjual, Anda juga bisa menempatkan diri di posisi pembeli.

Ketika Anda seorang pembeli, apa saja keterangan produk yang ingin Anda lihat atau dapatkan.

Untuk menjalankan tips jualan online di atas, Anda bisa meminta bantuan dari teman yang sudah berpengalaman dengan toko online.

Anda juga bisa meng-hire orang-orang yang ahli dalam mengembangkan dan membesarkan situs penjualan.

Jika menggunakan cara ini maka modal yang Anda miliki harus besar.

Namun sebagai langkah awal, menggunakan situs gratis atau juga marketplace bisa membantu Anda dalam mengembangkan penjualan online tersebut.

Baca Juga : 9 Cara Unik Memulai Bisnis Online

Tinggalkan komentar